Warga SH Terate, Mari Pahami Dasar-dasar Organisasi Kita

Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate selain ikut serta mendidik manusia agar berbudi luhur, tahu benar dan salah juga mengajarkan Pencak Silat, dimana didalamnya terkandung banyak nilai-nilai ataupun unsur-unsur yang baik, seperti olahraga, seni bela diri serta merupakan seni budaya Bangsa yang perlu dikembangkan dan dilestarikan. Berkaitan dengan tema artikel ini, yakni Dasar Persaudaraan Setia Hati Terate, maka kita ingat bahwa para pendiri dan pelopor organisasi ini membentuk Persaudaraan Setia Hati Terate yang didalamnya berpijak pada 5 Dasar, yang biasa dikenal dengan Panca Dasar Persaudaraan Setia Hati Terate. Panca Dasar tersebut adalah:



1.Persaudaraan
Persaudaraan merupakan suatu hubungan batin antar sesama manusia, yang sifatnya seperti saudara kandung dan tidak dapat dipisahkan oleh suatu apapun. Wujud Persaudaraan dalam SH Terate merupakan hubungan yang kekal abadi, tidak memandang nilai-nilai keduniawian, tidak peduli pangkat atau jabatan dan tidak membedakan deratat kaya miskin. Karena Persaudaraan dalam SH Terate didasarkan pada ajaran bahwa semua Manusia didunia ini adalah sama-sama makhluk ciptaan Allah SWT. Maka terbukti, organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate ini menjadi organisasi yang terus berkembang.


2.Olahraga
Mengolah jasmani merupakan suatu hal yang sangat penting bagi setiap orang. Karena dengan mengolah jasmani menjadikan tubuh sehat dan kuat sehingga dapat mengendalikan diri dan berfikir positif. Seperti ungkapan yang mengatakan bahwa, "Didalam Tubuh Yang Sehat, Terdapat Jiwa Yang Kuat".


3.Seni/ kesenian
Kesenian merupakan hasil daya cipta dan cipta rasa manusia yang diwujudkan dalam bentuk sesuatu yang akhirnya menjadi karya budaya manusia. Kesenian dalam Persaudaraan Setia Hati Terate merupakan segala keindahan dalam bentuk gerak dan langkah seperti jurus. Dengan demikian organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate juga ikut serta menciptakan manusia yang mengerti akan keindahan dan nilai-nilai kepribadian.


4.Bela Diri
Pembelaan diri dalam Persaudaraan Setia Hati Terate diperuntukkan sebagai pembelaan dalam keadaan yang benar. Karena itu Pencak Silat berfungsi sebagai alat membela diri dan kepercayaan pada diri dimana Pencak Silat merupakan warisan asli Budaya Bangsa Indonesia yang wajib dilestarikan dan dikembangkan.
Kita ingat nasihat para sesepuh berikut:

"Bangsa yang tidak sudi menghargai kebudayaanya sendiri adalah bangsa yang terjajah jiwanya. Bangsa yang terjajah jiwanya adalah bangsa yang sudah terombang ambing, yaitu bangsa yang tidak mempunyai pedoman hidup".


5.Kerokhanian (ke-SH-an)
Kerokhanian merupakan tujuan akhir dari Panca Dasar, dimana kerokhanian tersebut berpijak pada keaslian (benar dan tidak sesat). Oleh larena itu, organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate menerima segala sesuatu atas dasar ridho Allah SWT, dengan istilah lain yakni Nerimo ing pandum. Dengan harapan tercapainya keselamatan, kenikmatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Demikian artikel tentang Dasar-dasar Persaudaraan Setia Hati Terate. Mohon maaf atas segala kekeliruan, terimakasih telah berkunjung. Saya sampaikan terimakasih.

0 Response to "Warga SH Terate, Mari Pahami Dasar-dasar Organisasi Kita"

Post a Comment